Mengenal Lebih Mendalam Mengenai ciri-ciri orchitis yang Perlu Anda Ketahui

Image result for orchitis

Orchitis (atau-KIE-tis) adalah peradangan pada satu atau kedua testis. Infeksi bakteri atau virus dapat menyebabkan orchitis, atau penyebabnya tidak diketahui. Orchitis paling sering merupakan akibat dari infeksi bakteri, seperti infeksi menular seksual (IMS). Dalam beberapa kasus, virus gondong dapat menyebabkan orchitis. Bakterial orchitis mungkin berhubungan dengan epididimitis – peradangan tabung melingkar (epididimis) di bagian belakang testis yang menyimpan dan membawa sperma. Dalam hal ini, itu disebut epididimo-orchitis. Orchitis menyebabkan rasa sakit dan dapat mempengaruhi kesuburan. Obat dapat mengobati penyebab orchitis bakteri dan dapat meringankan beberapa tanda dan gejala orchitis virus. Tetapi perlu waktu beberapa minggu agar nyeri skrotum menghilang.

Gejala

Tanda dan gejala orchitis biasanya berkembang secara tiba-tiba dan dapat meliputi:

  • Pembengkakan pada satu atau kedua testis
  • Nyeri mulai dari yang ringan hingga berat
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Perasaan tidak enak badan (malaise)

Istilah “nyeri testis” dan “nyeri pangkal paha” kadang-kadang digunakan secara bergantian. Tapi sakit pangkal paha terjadi di lipatan kulit antara paha dan perut – bukan di testis. Penyebab nyeri pangkal paha berbeda dari penyebab nyeri testis.

Kapan harus ke dokter

Jika Anda merasa sakit atau bengkak di skrotum Anda, terutama jika rasa sakit itu terjadi tiba-tiba, segera temui dokter Anda. Sejumlah kondisi dapat menyebabkan nyeri testis, dan beberapa memerlukan perawatan segera. Salah satu kondisi seperti itu melibatkan memutar tali sperma (torsi testis), yang dapat menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan yang disebabkan oleh orchitis. Dokter Anda dapat melakukan tes untuk menentukan kondisi mana yang menyebabkan rasa sakit Anda.

Penyebab

Sistem reproduksi pria

Orchitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Kadang penyebab orchitis tidak dapat ditentukan. Orchitis adalah peradangan pada testis, tetapi istilah ini juga telah digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang terlokalisasi pada testis tanpa bukti objektif peradangan. Orchitis terisolasi secara signifikan lebih jarang daripada prostatitis atau epididimitis. Orchitis berbeda dari infeksi lain pada kelenjar seks aksesori pria dalam dua hal penting; penyebaran melalui darah adalah rute utama infeksi, dan virus terlibat sebagai patogen penting.

Orchitis bakteri

Paling sering, orchitis bakteri dikaitkan dengan atau hasil dari epididimitis. Epididimitis biasanya disebabkan oleh infeksi pada uretra atau kandung kemih yang menyebar ke epididimis. Seringkali, penyebab infeksi adalah IMS. Penyebab infeksi lainnya dapat disebabkan karena dilahirkan dengan kelainan pada saluran kemih Anda atau memiliki kateter atau alat medis yang dimasukkan ke dalam penis Anda.

Orchitis virus

Virus gondong biasanya menyebabkan orchitis virus. Hampir sepertiga dari pria yang terkena gondong setelah pubertas mengalami orchitis, biasanya empat sampai tujuh hari setelah onset gondok.  Infeksi virus, terutama gondong, dikaitkan dengan sebagian besar kasus orchitis. Meskipun gondong jarang menyebabkan orchitis pada anak laki-laki prapubertas, orchitis terjadi pada sekitar 20% pria pascapubertas dengan gondong. Nyeri dan pembengkakan testis biasanya mulai 4 sampai 6 hari setelah timbulnya parotitis tetapi dapat terjadi tanpa keterlibatan parotis. Orchitis adalah unilateral pada sekitar 70% kasus.

 Pembengkakan testis kontralateral dapat terjadi 1 hingga 9 hari setelah keterlibatan pihak pertama. Kursus klinis bervariasi dan berkisar dari ketidaknyamanan testis ringan dan pembengkakan untuk nyeri testis parah dan pembengkakan ditandai disertai mual, muntah, sujud, demam tinggi, dan gejala konstitusional. Epididimitis dan radang korda spermatika dapat dicatat pada pemeriksaan fisik. Penyelesaian kasus ringan dapat terjadi dalam 4 hingga 5 hari. Kasus yang lebih parah biasanya sembuh dalam 3 hingga 4 minggu. Pada sekitar setengah dari kasus, testis yang terlibat menjalani beberapa tingkat atrofi. Pada seri yang lebih tua, sterilitas dilaporkan pada 25% pasien dengan penyakit bilateral. Namun, penelitian yang lebih baru telah menemukan, bahwa gondok gondok jarang menyebabkan infertilitas. Virus Coxsackie B menghasilkan penyakit yang secara klinis dan histologis menyerupai gondok gondok. dari demam awal. Orchitis biasanya unilateral dan menyakitkan. Sebagian besar kasus sembuh dalam 2 minggu.

Faktor risiko

Faktor-faktor risiko untuk orchitis nonseksual termasuk:

  • Tidak diimunisasi terhadap gondong
  • Memiliki infeksi saluran kemih berulang
  • Melakukan operasi yang melibatkan alat kelamin atau saluran kemih
  • Terlahir dengan kelainan pada saluran kemih

Perilaku seksual yang dapat menyebabkan IMS menempatkan Anda pada risiko orchitis menular seksual. Perilaku itu termasuk memiliki:

  • Banyak pasangan seksual
  • Seks dengan pasangan yang memiliki IMS
  • Seks tanpa kondom
  • Riwayat pribadi IMS