Permainan Unik Catur Jepang dan Pahami Cara Bermain Shogi

Shogi merupakan permainan catur asal Jepang, Bila anda belum mengetahui cara bermain Shogi maka dibawah ini akan menjelaskan bagaimana peraturan dan juga cara permainan asal negeri matahari ini. Mungkin agak sedikit berbeda dengan permainan catur pada umumnya, Shogi menggunakan kayu persegi yang diberi tulisan huruf kanji Jepang. Namun permainan ini tujuannya sama seperti catur pada umumnya yaitu untuk menangkap atau menaklukan raja dari lawan permainan. Yang cukup sulit dari permainan ini adalah kita harus menghapal beberapa tulisan kanji yang ada diatas kayu persegi yang tipis tersebut, karena tidak semua mengerti akan tulisan kanji Jepang. Jadi bayangkan saja kalau anda melihat 20 kotak persegi bertuliskan huruf kanji dan anda belum mengerti yang mana raja dan yang lainnya. Jadi lebih baik anda mencari penjelasan untuk menghapal huruf kanji Jepang tersebut, jika sudah tau dan menghapal huruf kanji, maka langsung saja kita bahas peraturan dari Game Shogi asal Jepang ini.

Shogi dimainkan oleh dua pemain seperti pada permainan catur, masing-masing berlomba mengatur strategi untuk menaklukan raja dari lawan.  Papan permainan yang berisikan kotak vertikal dengan ukuran 9X9 sering disebut dengan istilah File dan yang horisontal disebut dengan istilah Ranks. Dalam papan Shogi masing-masing pemain akan memiliki 20 kayu persegi tersebut atau disebut dengan istilah bidak. Sama seperti catur setiap bidak memiliki beberapa peran dan langkah yang berbeda. Inilah isi dari peran setiap bidak yaitu raja, jendral emas (dua bidak), jendral silver (dua bidak), kesatria (dua bidak), tombak (dua bidak), Rook, Bishop dan poin (sembilan bidak). Setiap bidak memilikk gerakan langkah yang berbeda, seperti contohnya poin hanya dapat bergerak satu langkah maju, sedangkan jendral, Raja dapat bergerak dengan cara satu langkah bergerak terserah, Jendral emas satu langkah per langkah bisa horisontal maupun vertikal, jendral perak satu langkah per maju hanya dapat diagonal, kesatria satu langkah ke kiri atau kanan dan dua langkah maju, benteng dapat bergerak horisontal atau vertikal dalam jarak apapun, Bishop bergerak diagonal dalam jarak apapun dan tombak bergerak maju sejauh apapun.

Itulah beberapa peran dan langkah dari setiap bidak yang anda miliki. Namun jika anda tidak terlalu suka dengan permainan strategi apalagi harus menghapal huruf kanji, anda dapat mencoba permainan lain yang lebih mudah dan asik dimainkan seperti bandarq .